welcome to my Blog...

" Assalamualaikum....

Thank 4 all..yg telah visiT my Blogs..

I hope TulisanQ bermanfaat bg Kalian smw..

thanks...

aLbumQ

aLbumQ

Rabu, 28 Oktober 2009

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Dengan MODEL Pembelajaran TGT

Oleh Yenny

       

Nama Sekolah                      :

Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / Semester                   : IV / 1 (Satu)

Pertemuan Ke                      : 1

Alokasi Waktu                     : 2 x 35 menit

Standart Kompetensi           : 1.   Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan                        

                                                      hewan

Kompetensi Dasar                : 1.3  Mengidentifikasi jenis makanan hewan

Indikator                              :    1. Mengidentifikasi alat pencernan pada manusia

                                                  2. Menjelaskan fungsi tiap alat pencernaan

                                                  3. Menjelaskan proses pencernaan makanan

                                                  4. Menjelaskan fungsi makanan bagi tubuh

                                         5. Mempraktikan kebiasaan hidup sehat untuk                menjaga kesehatan alat pencernaan

 

 I.      TUJUAN PEMBELAJARAN

   Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat, mengidentifikasi, menyebutkan fungsi serta menjelaskan proses pencernaan makanan pada manusia sekaligus siswa dapat menjelaskan fungsi makanan bagi tubuh serta mempraktikan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan

 

II.      MATERI PEMBELAJARAN

Alat Pencernaan Manusia Makanan Dan Kesehatan        ( Terlampir)

 

 

 

 

III.      METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN

 

   Metode pembelajaran :

·                                                                   Metode ceramah

·                                                                   Metode tanya jawab

·                                                                   Metode diskusi

 

Model pembelajaran :

·         Model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT)

 

 

IV.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

   Kegiatan Awal :

1.      Guru memepersiapakan pengjaran di awali dengan mengiformasikan kepada siswa materi yang akan dipelajari hari ini serta harapan/tujuan yang akan di capai setelah memepelajari bab ini

2.      Guru menginformasikan pada siswa bahwa pada hari ini akan diadakan turnamen  untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang telah dipelajari

3.      Guru menyediakan gambar alat pencernaan makanan pada manusia kemudian bertanya beberapa pertanyaan sederhana kepada siswa untuk menggali konsep dasar mengenai materi tersebut.

 

Kegiatan Inti  :

1.      Dengan bimbingan guru siswa diminta menyebutkan alat-alat pencernaa manusia serta menunjukan letak alat-alat pencernaan makanan

2.      Guru menjelaskan fungsi alat-alat pencernaan manusia serta proses yang berlangsung dalam alat pencernaan manusia

3.      Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk menyebutkan fungsi makanan bagi tubuh dan menjelaskan bagaimana menjaga alat pencernaan manusia.

4.      Setelah guru mempresentasikan pelajaran, kemudian guru menginformasikan kepada siswa aturan game turnamen.

5.      Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang terdiri dari 3 orang, dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efesien, kemudian siswa berkumpul di kelompoknya masing-masing dan menyusun meja turnamen.

6.      Guru membagikan LKS kepada siswa untuk dikerjakan dalam kelompok mereka untuk menguasai materi, kemudian siswa mempelajari lembar kegiatan dalam tim mereka.

7.      Para siswa memainkan game akademi dalam kemampuan yang homogen dengan meja turnamen yang di isi oleh tiga peserta, dan di pandu oleh guru

 

Kegiatan Akhir :

1.      Bersama-sama siswa melakukan rekognisekepada tim yang meraih skor tertinggi, kemudian evaluasi/refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan baik dari sisi materi pembelajaran yang direviu pada games dan tournament; maupun dari sisi keterampilan kooperatif yang sedang dilatihkan oleh guru.

2.      Guru menginggatkan kepada siswa agar selalu rajin belajar dan berkerjasama dalam tim mereka supaya lebih baik di turnamen berikutnya.

 

 

 

V.      ALAT/ BAHAN / SUMBER BELAJAR

·         Sumber buku

·         Media

1.      Gambar alat pencernaan pada manusia

2.      Kartu soal, lembar jawaban, lembar persekoran

3.      Lembar penghargaan

 

 

 

VI.      PENILAIAN

1.      Teknis Tes

a.      Tes Lisan (Aspek Kognitif )

            Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Guru mengevaluasi keatifan siswa dalam menjawab.

 

                  Menggunakan daftar checklist

Penilaian Tes Lisan

Kelas         : ................

Tanggal     : ................

 

No.

Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Ket

Keberanian menjawab

Ketepatan menjawab

Keseriusan& konsentrasi

A

B

C

D

A

B

C

D

A

B

C

D

1.

2.

3.

4.

....

..........................

..........................

..........................

..........................

..........................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

A   = Sangat baik

B   = Baik

C   = Cukup

D   = Kurang

 

b.      Penilaian sikap

            Penilaian sikap dapat dilihat dari keseriusan siswa dalam mengikuti pelajaran dan  partisipasinya dalam dalam tugas kelompok.

 

 

 

 

c.   Team Game Turnamen

                       

LEMBAR SKOR PERMAINAN (TGT)

      TABEL#_________                                             PUTARAN#__________

Pemain

Tim

Game1

Game2

Game3

Total hari itu

Poin turnamen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dimana penentuan poin yang diperoleh oleh masing-masing anggota kelompok didasarkan pada jumlah kartu yang diperoleh oleh seperti ditunjukkan pada tabel berikut :

 

Tabel  Perhitungan Poin Permainan Untuk Tiga Pemain

 

Pemain dengan

Poin Bila Jumlah Kartu Yang Diperoleh

Top scorer

60

Middle scorer

40

Low scorer

20

(Sumber : Slavin, 1995:90)


Dengan keterangan sebagai berikut: Top Scorer (skor tertinggi), High Middle scorer ( skor tinggi ), Low Middle Scorer ( skor rendah ), Low Scorer ( skor terendah), ( skor sedang )

 

      Setelah memperoleh poin-poin turnamen, kemudian poin-poin turnamen dari tiap siswa tersebut ke lembar rangkuman dari timnya masing-masing, kemudaian menambahakan seluruh skor anggota tim dan membaginya dengan jumlah anggota tim yang bersangkutan.

Tidak ada komentar: