welcome to my Blog...

" Assalamualaikum....

Thank 4 all..yg telah visiT my Blogs..

I hope TulisanQ bermanfaat bg Kalian smw..

thanks...

aLbumQ

aLbumQ

Rabu, 28 Oktober 2009

Strategi Untuk Membangun Harga Diri

Oleh : Yenny Eka Herlin B.M

 

Ketika seseorang merasa percaya diri, ia akan berpikir bahwa ia dapat melakukan apa saja tanpa batas. Maka menjadi Tugas kita seorang guru untuk menanamkan perasaan berharga dalan diri siswa serta membantu perkembangan diri mereka. Kita harus membantu mereka mengembangkan keyakinan pada diri sendiri sebelum mereka dapat meraih potensi diri mereka seutuhnya.

 

Key To Bulding Precious self

 

v  Pujilah Namun Jangan Berlebihan

Pujian yang berlebih tidak akan berarti apa-apa sedangkan pujian yang tulus akan membuat siswa merasa senang, namun yang paling penting adalah bahwa anda memuji mereka berdasarkan usaha dan prestasi dan bukan berdasarkan penampilan.

Pujian yang berlebihan dapat beresiko mengandung jebakan. Bahkan terlalu banyak memuji dan memaksakan kehendak kepada siswa justru dapat menjadi ancaman bagi mereka.Seorang anak yang selalu dipuji justru akan tenggelam dan mersa terlalu terbebani.

v  Menerima Perbaikan

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh kita, para pendidik, adalah menerima perbaikan, betapapun kecilnya. Sebuh perbaikan meskipun kecil dapat meningkatkan harga diri dan meraih hasil seperti yang anda dan siswa inginkan.

v  Menghargai Dengan Antusias Dan proposional

Biarkan siswa menyadari bahwa mereka telah mempersembahkan sesuatu yang luar biasa di dalam kelas.Ingatlah bahwa beberapa siswa mungkin merasa malu, maka katakan pada mereka setelah pelajaran berakhir bahwa betapa terkesannya anda terhadap mereka. Namun usahakan agar itu tidak hanya sekedar menjadi kebiasaan dan tidak tulus.

Tidak ada komentar: